Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Minggu, 27 Januari 2013

NOBEL KIMIA UNTUK PENEMUAN PROTEIN BERCAHAYA



        Nobel kimia tahun ini dianugerahkan kepada tiga ilmuwan masing-masing Osamu Shimomura dari Jepang dan Martin Chalfie serta Roger Tsien dari AS. Akdemi ilmu pengetahuan kerajaan Swedia di Stockholm menyebutkan ketiga ilmuwan tersebut diberi penghargaan atas penemuannya protein yang becahaya hijau dari ubur-ubur. Dengan bantuan protein bercahaya hijau itu para ilmuwan kini dapat membuat sel terlihat dan mengikuti perkembangannya dalam tubuh.
        Ketiga peniliti dianugerahi Hadiah Nobel Kimia 2008 karena sumbangganya dalam penemuan GFP (green fluorescent protein). Protein yang menyebabkan tubuh hewan menyaladalam gelap tersebut dinilai sangat penting sebagai dasar berbagai penilitian biosains. GFP pertama kali ditemukan ubur-ubur jenis Aequorea Victoria pada tahun 1962.
        Hadiah senilai 1,4 juta dollar AS berhak diterima ketiga peniliti tersebut. Pengahrgaan tersebut diserahkan pada 10 Desember 2008 yang merupakan hari wafatnya Alfred Nobel pada tahun 1896. Hadiah nobel merupakan wasiat dari sang penemu dinamit tersebut dan didanai dari harta warisannya.


GAMBAR UBUR-UBURNYA:
 







 

0 komentar: